Search This Blog

Tuesday 19 April 2016

Fungsi tripod untuk fotografi

Pasti sobat sudah pernah melihat aksesoris kamera yang satu ini. Ya, ini namanya tripod. Di dalam dunia fotografi tripod itu memiliki banyak fungsi. Jadi bagi sobat yang ingin menggeluti dunia fotografi dengan serius, tripod ini pasti akan sangat diperlukan. Lalu apa saja fungsi-fungsinya di dalam fotografi? Berikut penjelasannya. 



1. Berguna Untuk Pemotretan Long Exposureatau Shutter Speed Rendah

     Aturlah settingan kamera sobat dengan kecepatan rana (shutter speed) yang rendah, contohnya 1/10 detik, 3 detik atau bahkan 25 detik. Setelah itu, potretlah dan lihat hasilnya. Gambar pasti akan tidak fokus, blur dan sangat tidak memuaskan. Hal itu bukan karena kameranya bermasalah, melainkan karena tangan sobat tidak stabil dalam menopang kamera saat digunakan memotret dengan kecepatan rana sangat rendah. Padahal ada banyak sekali variasi foto yang dapat diciptakan dengan kecepatan rana yang rena, seperti efek bulb pada malam hari dan landscape air yang akan terlihat dramatis.

     Salah satu cara untuk mengatasi efek blur dan tidak fokus dalam pemotretan kecepatan rana rendah adalah dengan menggunakan Tripod. Alat ini mampu membantu kamera berdiri dengan stabil tanpa goncangan dan nantinya akan menghasilkan gambar yang bagus. Tidak masalah tanpa menggunakan Tripod jika sobat menggunakan shutter speed tinggi.

2. Membantu Mencapai Angle Sulit Dalam Pemotretan Landscape

     Bagi sobat pecinta fotografi Landscape, Tripod adalah salah satu aksesoris kamera yang terpenting. Tripod sangat diperlukan guna melakukan kompoisisi angel maupun aturan rule of third.

3. Membantu Dalam Menghasilkan Foto HDR

     Fotografi HDR (High Dynamic Range) adalah salah satu teknik fotografi yang cukup merepotkan dalam pembuatannya. Selain dengan memotret, kalian juga harus mengolahnya dengansoftware editing. Biasanya untuk membuat foto HDR, setidaknya kalian harus memotret 3 kali atau lebih pada posisi yang sama namun dengan komposisi pengaturan exposure yang berbeda. Dapatkah kalian melakukan hal ini tanpa Tripod??? Bisa dipastikan kalian tidak akan bisa setepat mungkin memotret pada posisi yang sama persis tanpa penyangga kamera. Jika bergeser sedikit saja, bisa dipastikan pembuatan foto HDR akan tidak memuaskan.

4. Untuk Pemotretan Fotografi Makro

     Untuk menghasilkan foto makro yang bagus, tidak hanya dengan lensa makro saja. untuk menghasilkan foto ini, kalian bisa menggunakan Tripod karena pada pemotretan benda kecil, kamera sanagat sensitif dengan gerakan. Memang saat ini kebanyakan DSLR sudah disertai fitur stabilizer baik jenis VR maupun IS, namun tidak terlalu membantu.

5. Untuk Pemotretan dengan Fitur Timer

     Saat sobat dengan si doi sedang pergi berlibur ke sebuah tempat wisata (yang jomblo jangan tersinggung ya sob), apakah kalian akan terus-menerus meminta orang lain untuk memotret kalian berdua? Setiap kamera pastinya memiliki fitur Timer di mana shutter akan otomatis memotret dalam waktu tertentu. Gunakan fitur tersebut dan pasangkan kamera pada Tripod, alhasil sobat akan menghasilkan foto yang diinginkan tanpa harus merepotkan orang di sekitar untuk memotret.

6. Mempertajam Gambar Saat Melakukan Focal Length Panjang

     Betapa sulitnya menghasilkan foto yang tajam dan fokus jika melakukan zoom yang mencapai angka lebih dari 200mm. Gerakan tangan sobat mengganggu kamera dalam menghasilkan foto yang tajam. Untuk itu lebih baik gunakanlah Tripod.

Baca juga: Tips merawat kamera kesayangan anda

No comments:

Post a Comment