Search This Blog

Friday 24 June 2016

FITUR HDR PADA KAMERA SMARTPHONE

 

            Fitur HDR pada kamera iPhone 6

Fitur HDR Pada Kamera Smartphone – Kita semua tau bahwa setiap smartphone baru yang beredar di pasaran saat ini pastilah memiliki fitur kamera di bagian belakangnya. Komponen ini memang sudah menjadi sesuatu yang wajib ada di setiap smartphone. Tidak hanya canggih dari sisi hardware, software yang dimiliki oleh kamera dari masing-masing produk pun kian hari makin canggih saja. Ya, tidak sedikit memang model smartphone yang memiliki banyak fitur unggulan pada kameranya. Dan salah satu fitur yang sedang hangat adalah HDR.

Lalu apa itu HDR? HDR adalah singkatan dari High Dynamic Range yang artinya Jangkauan Dinamis Tinggi. Maksudnya adalah mode ini akan dapat mengambil gambar (foto) dengan “jangkauan” pencahayaan yang lebih dinamis dan lebih luas dibandingkan dengan foto biasa (tanpa HDR) sehingga gambar yang dihasilkan akan memiliki citra pencahayaan yang lebih baik.
Ribet ya penjelasannya? Ok deh, nih ane kasih penjelasan dari saya sendiri, karna penjelasan yang tadi saya ambil dari wikipedia. Jadi menurut penjelasan dari saya, foto HDR itu adalah penggabungan dua foto dengan tingkat exposure  yang berbeda sehingga menghasilkan foto yang lebih alami hasilnya (jadi kayak foto-foto dari kamera DSLR gitu). Jadi wajar-wajar aja kalau agan menggunakan fitur HDR saat meotret, wajar saja kalau smartphone sobat agak lama untuk menyimpannya, mungkin sekitaran dua detik, karena pada saat itu lah smartphone sobat menggabungkan dua foto yang beda tingkat exposurenya menjadi satu gambar yang bagus. Saya sarankan sobat menggunakan fitur HDR saat mengambil foto landscape atau foto pemandangan, agar hasilnya tampak lebih alami gitu. Saya harap sobat sudah ngerti ya dengan penjelasan dari saya tadi. Wkwkwkwkwk....

Nih saya kasih pebedaan gambar yang menggunakan fitur HDR dan non HDR.


Kiri: non HDR, Kanan: HDR


Baca juga: Triangle pada fotografi


No comments:

Post a Comment