Search This Blog

Friday 16 September 2016

6 Trik Mendapatkan Tiket Pesawat Murah


Ada rahasia yang sudah jadi rahasia umum, dan ada yang benar-benar rahasia.
Ini dia contoh rahasia umum dapat tiket murah. Tiket pesawat lebih mahal di peak-season atau pada waktu yang paling dicari penumpang, contohnya: akhir pekan dan hari libur nasional. Sekarang Anda tahu rahasia mendapat tiket pesawat murah, namun sepertinya semua orang pun mengetahuinya.
Lalu, apa ada rahasia sesungguhnya untuk dapat tiket pesawat murah?
Ada, rahasia yang hanya bisa Anda ketahui jika paham seluk-beluk maskapai penerbangan serta cara online travel agent menjual tiketnya.
Pahami trik mencari tiket pesawat murah yang belum diketahui banyak orang berikut ini:

1. Beli tiket pesawat secara online lebih murah

Membeli tiket pesawat dari online travel agent sekelas Traveloka.com lebih murah dibanding agen tiket perorangan. Mengapa?
Sebab, perusahaan sebesar Traveloka.com menjual lebih banyak tiket setiap hari dan keuntungannya dikembalikan lagi ke konsumen sebagai diskon harga. Dengan sistem itu, tak heran jika harga tiket pesawat di online travel agent bisa lebih murah dibanding situs maskapai.

2. Dapatkan "harga teman" melalui jalur khusus

Jika Anda selalu minta "harga teman" dengan orang yang dikenal, Anda juga bisa melakukannya di situs travel agent. Hanya saja caranya berbeda, yaitu dengan mendaftarkan diri sebagai member di situsnya.
"Private pricing" adalah istilah yang digunakan online travel agent dalam memberikan harga lebih murah hanya kepada konsumen loyalnya. Bagaimana cara menjadi konsumen loyal?
Cara paling mudah adalah dengan mendaftarkan diri sebagai member dan berlangganan email newsletter.

3. Memesan lewat mobile app travel agent bisa lebih murah

Walau tidak semua online travel agent menerapkan hal ini, trik ini bisa dicoba dan tidak ada ruginya. Berkaitan dengan “private pricing” pada poin sebelumnya, biasanya online travel agent memberikan harga lebih murah jika kita memesan melalui mobile app.
Bagi online travel agent, memberi harga lebih murah di mobile app adalah cara mereka untuk meningkatkan pengguna mobile-nya. Oleh karena itu, tidak ada salahnya memiliki mobile app setiap online travel agent yang ada.

4. Umumnya, ada 3 musim promo. Kapankah itu?

Penting untuk mengetahui musim promo yang akan dilakukan para online travel agent. Umumnya, online travel agent selalu melakukan promo besar-besaran di akhir tahun, menjelang Lebaran dan hari ulang tahunnya sendiri.
Tidak ada salahnya menunggu musim promo dari online travel agent. Jika Anda butuh tiket pesawat dalam waktu singkat, silakan abaikan musim promo dan ikuti trik lainnya.

5. Hindari mahalnya tiket pesawat dengan memilih bandara sekunder

Jika kota tujuan Anda memiliki dua bandara, seperti Jakarta yang punya Bandara Internasional Soekarno Hatta dan Halim Perdana Kusuma, maka pilihlah penerbangan yang turun di bandara sekunder yaitu Bandara Halim Perdana Kusuma.
Bagi maskapai penerbangan, mendaratkan pesawatnya di bandara sekunder lebih murah biaya dibanding bandara internasional (utama). Oleh karena itu, harga tiket dari dan menuju bandara sekunder cenderung lebih murah.

6. Gunakan rute transit yang lebih murah dibanding rute langsung

Jika waktu bukanlah masalah untuk Anda, terbang melalui rute transit dapat menghemat ratusan ribu bahkan hingga jutaan rupiah dibanding rute langsung.
Contohnya, tarif rute langsung Jakarta-Perth naik AirAsia adalah 2,5 juta sedangkan rute transit Jakarta-Bali-Perth hanya 1,5 juta saja. Bukan hanya menghemat uang hingga satu juta, Anda juga bisa liburan singkat di pulau Bali. Menguntungkan bukan?

Jika anda merasa terbantu dengan artikel ini, jangan lupa like and share ya.

Baca juga: 10 Maskapai dengan Tiket Termahal di Dunia

No comments:

Post a Comment