Search This Blog

Sunday 11 September 2016

8 Cara Mendapatkan Uang Tambahan Ala Mahasiswa

Menjadi mahasiswa adalah kebanggan setiap orang, apalagi dapat kuliah di universitas ternama yang berada di luar kota, pasti orang tua Anda akan membanggakan Anda di depan tetangganya. Ini baru awal kisah Anda menjadi seorang mahasiswa, perjalanan Anda masih jauh dan semakin sulit, karena Anda akan banyak mengeluarkan uang demi kuliah Anda, misalnya uang spp, uang modul, fotokopi referensi, uang bensin, makan, dan masih banyak lagi. Bagaimana jika Anda membayar sesuatu yang mendesak di waktu yang tidak tepat? Pastinya hal ini tak akan terasa sulit jika dompet Anda masih tebal dengan uang kiriman. Tapi bagaimana jika hal tersebut datang pada saat dompet Anda sudah kosong dari uang kiriman orang tua Anda? Tapi Anda pasti mengatakan, “yah tinggal minta aja”. Tapi bagaimana kalo respon orang tua beda dengan harapan Anda “tunggu sampai tanggal muda nak”. Jadinya Anda akan berdiam diri di rumah/kos2an dengan berpuasa. Itulah  sedikit gambaran tentang mahasiswa rantau.  Sebagai seorang mahasiswa harusnya kita belajar mandiri, apalagi umur Anda sudah expire dari uang orang tua. Beranjak dari hal itulah, Smart Life memberikan saran agar Anda  mendapatkan penghasilan tambahan ala mahasiswa rantau.

1. Jual Pulsa

Jualan pulsa juga sangat menguntungkan lho bila ditekuni. Kalau kamu punya modal, kamu bisa membuka konter pulsa kecil-kecilan. Tapi kamu juga bisa jualan tanpa konter. Cukup promosikan saja dengan keluarga, teman dan yang lainnya bahwa kamu berjualan pulsa. Ingat, jangan mau kalau ada yang mengutang.

2. Jualan Merchandise, Souvenir, dan Pernak-pernik

Menjual kaos, pin, mug, jam dinding, dll kepada teman, komunitas, kampus, teman sekelas, dan teman sesama pecinta artis atau tim sepak bola favorit kamu. Kamu bisa membeli barang-barang tersebut di grosiran, supaya harganya lebih murah. Desainnya dibuat sekreatif mungkin sesuai dengan permintaan. Kemudian setelah itu kamu bisa menyablon atau mencetak gambar dan tulisan di tukang sablon. Tapi, kamu juga bisa membeli sekaligus mencetak langsung di satu tempat saja.
Kemudian, menjual baju, sepatu, dan pernak-pernik lainnya. Lebih untung lagi jika kamu membuat pernak-perniknya dengan cara handmade atau buatan sendiri. Kalau misalnya kamu belum punya modal untuk kulakan barang-barang tersebut, kamu bisa menjadi reseller terlebih dahulu.

3. Bisnis Online

Kamu bisa memanfaatkan media sosial untuk berjualan. Saat ini sudah banyak website yang memfasilitasi hal tersebut. Bisa juga membuka lapak di sosial media maupun website. Barang yang bisa ditawarkan antara lain baju wanita dan pria, sepatu, jaket, buku, makanan, pernak-pernik, dll.

4. Jual skill/keahlian

Anda tentunya bukan orang tanpa memilki skill apapun. Lihatlah dalam diri Anda, skill yang bisa Anda jual, misalnya install laptop, jasa pengetikan, memperbaiki suatu barang dan lain2. Apalagi jika skill Anda merupakan hobby, Anda dengan enjoy mengerjakannya dan dan mendapatkan uang dari situ.

5. Pekerjaan Freelance

Kamu bisa bekerja secara freelance dalam berbagai macam event. Misalnya menjadi LO dalam acara konser, pertandingan basket anak SMA, dll. Perluaslah jaringanmu untuk mendapatkan informasi pekerjaan ini.

6. Mengikuti Berbagai Macam Perlombaan

Kamu harus rajin-rajin mengikuti berbagai macam lomba yang bidangnya kamu kuasai. Misalnya, lomba menulis essai, fotografi, pidato, speech contest, desain, dll. Carilah perlombaan yang hadiahnya uang tunai. Cara yang satu ini diperlukan keuletan dan sikap pantang menyerah. Karena di setiap perlombaan pasti ada menang atau kalah, jadi kamu harus siap mental.

7. Jadi reseller

Berdagang pasti jadi cara pertama yang terpikir olehmu untuk menambah uang saku. Kamu tidak perlu menjual barang produksi sendiri.
Kamu bisa jadi reseller kosmetik, sepatu, atau makanan ringan. Pemasarannya pun relatif mudah. Tinggal memanfaatkan berbagai jejaring sosial yang kamu punya.

8. Jadi asisten dosen

Kalau kamu termasuk mahasiswa berprestasi, daripada mengisi masa perkuliahan dengan rutinitas kuliah, makan, tidur, kuliah lagi, mendingan kamu mendaftarkan diri jadi asisten dosen.
Pengalaman menjadi asdos ini akan melatih kepiawaianmu menghadapi orang lain dan juga bisa mempercantik portofoliomu saat sudah lulus nanti.
Itu sedikit artikel tentang cara mendapatkan uang tambahan ala mahasiswa. Jika anda merasa terbantu, jangan lupa share ya.
Baca juga 

No comments:

Post a Comment