Search This Blog

Saturday 3 September 2016

Tips berpacaran dengan anak band

Memacari anak band, baik pria maupun wanita, tidak selalu mudah. Berikut beberapa tips mengenai apa yang dapat Anda lakukan jika memacari seorang musisi.
  1. Kembangkan minat sendiri. Musisi yang berdedikasi akan selalu sibuk (beberapa malah harus bekerja layaknya pegawai biasa untuk membiayai hidup). Bersiaplah untuk menghabiskan banyak waktu sendiri, atau dengan keluarga dan teman. Jika Anda berdua memiliki anak, Anda akan sering merasa seperti orang tua tunggal. Kembangkan kreativitas Anda sendiri dan banggalah dengan pencapaian yang Anda peroleh.
  2. Jangan mengharapkan kontak yang rutin dan tepat waktu. Berbagai macam hal pasti akan terjadi. Latihan rutin di studio dan jadwal konser atau manggung bisa sangat menyita waktu pacar Anda. Di saat-saat seperti itulah hubungan Anda dengan pacar Anda akan diuji. Selalu cari tahu kabarnya secara berkala, tetapi jangan terlalu cemas jika Anda tidak mendengar kabar apa-apa darinya selama beberapa hari. Pasangan Anda tahu Anda baik-baik saja dan sedang fokus bekerja.
  3. Rehearsal and studio will alter your schedule. They're going to miss dates, birthdays, holidays. Vacations (that aren't aligned with tour destinations) are a hassle to plan. Bisa saja rencana-rencana Anda berubah atau batal. Pacar Anda mungkin akan sering begadang jika tidak sedang bekerja sehari-harinya. Latihan dan jadwal studio akan mengubah rencana Anda. Mereka akan men skip kencan, ulang tahun, atau liburan bersama. Acara liburan (yang tidak sejalan dengan tujuan tur) akan sulit direncanakan.
  4. Tidak ada yang boleh mendominasi dalam hubungan kalian. Jangan jadikan dia sebagai pusat atau tumpuan. Tetapi Anda harus realistis: sebagai musisi, dia akan mendapat banyak perhatian dari penggemar pria dan wanita. Para penggemar ini tidak akan melihat pacar Anda sebagai individu secara seutuhnya, yang punya kelebihan dan kekurangan layaknya manusia biasa. Mungkin Anda akan diajak bicara karena Anda adalah pacar seorang musisi, atau malah diacuhkan sama sekali. Jika dia ternyata sudah cukup terkenal, mungkin akan dicegat di berbagai tempat umum ketika berjalan berdua karena pacar Anda dimintai berfoto bersama penggemar. Intinya, masing-masing harus memiliki toleransi dan tidak cemburu akan kesuksesan yang dimiliki (dan tidak dimiliki).
  5. Perlihatkan minat Anda padanya. Bahas apa yang membuat Anda terinspirasi. Kembangkan pengetahuan Anda akan musik agar Anda bisa mengimbangi pacar Anda. Cobalah untuk mulai menyukai musik dan minat lainnya yang cukup menginspirasi Anda dan pacar Anda.
  6. Mungkin anda akan selalu berkenalan dengan banyak orang lain, tetapi jangan selalu berharap bisa selalu berkumpul atau berteman baik dengan mereka. 
  7. Dengarkan musik yang dibuat pacar Anda. Jika Anda memang suka musik, akan lebih baik lagi jika Anda memberi pendapat, kritik, dan saran yang bagus dan membangun. Bahkan jika Anda tidak begitu mengerti musik sekalipun, pasti ada satu atau dua pendapat yang bisa Anda berikan.
  8. Perhatikan bagaimana pacar Anda menanggapi perhatian yang dia peroleh. Dia harusnya tahu kapan harus memperlihatkan karakter dan persona sebagai musisi dan kapan harus bersikap layaknya orang biasa. Jika dia merasa harus tetap berlagak seperti ketika di panggung, mungkin Anda perlu mengingatkannya.
  9. Jangan terlalu khawatir akan perhatian yang dia dapatkan dari penggemar. Selama pacar Anda tidak melewati batas ketika berinteraksi dengan penggemarnya, jangan terlalu mencemaskan apa yang dia lakukan dan katakan ketika dia harus melakukan pekerjaannya sebagai musisi. Penggemar adalah aspek yang penting bagi para musisi, karena merekalah yang membeli karya para musisi sehingga musisi tersebut tetap mendapatkan uang. Beberapa penggemar mungkin akan bertindak berlebihan atau bahkan bersikap sinis pada Anda. Jika ada penggemar yang membenci Anda, Anda harus tahu cara untuk memperbaiki situasinya dan membuatnya “diam”. Tetapi di luar itu, Anda harus selalu ingat bahwa pacar Anda adalah orang yang bisa dipercaya dan bisa mempertanggungjawabkan tindakannya. Jika tidak, maka Anda seharusnya tidak pacaran dengannya dari awal.
  10. Tonton ketika dia sedang manggung, tetapi ajaklah teman Anda dan datanglah dengan tujuan bersenang-senang, bukan bertemu dengan pacar Anda. Pacar Anda tidak mungkin punya banyak waktu untuk menghampiri Anda dan ngobrol ketika dia harus manggung. Selain itu, Anda tidak harus datang ke semua jadwal manggung yang dia miliki. Malah, terkadang ada musisi yang merasa lebih nyaman berinteraksi dengan penggemar ketika pacarnya tidak ada karena dengan begitu dia bisa melakukan interaksi yang sedikit menggoda (tetapi tidak dengan tujuan selingkuh). Anda pasti akan khawatir karena dia sering tidak ada di sisi Anda. Tetapi bagaimanapun Anda harus memberi ruang gerak.
  11. Jangan selalu berada di balik panggung. Sebagai pacar seorang anak band, Anda biasanya diperbolehkan masuk ke belakang panggung. Tetapi, bagian belakang panggung sebenarnya tidak begitu menyenangkan, karena akan penuh orang-orang berkeringat yang bergerak ke sana kemari mengangkat barang. Menonton penampilan pacar Anda sambil bersosialisasi dengan penonton yang lain tentu jauh lebih baik. Tetapi ingat, jangan secara sengaja mencari perhatian pacar Anda ketika Anda menonton dia dari area penonton.
  12. Jangan pernah mau menjadi manager, penjual, atau terlibat dengan kegiatan band pacar Anda kecuali Anda dibayar dengan layak. Meskipun Anda suka band dan musik pacar Anda, selalu tahu batasannya agar Anda terhindar dari konflik. Jangan mengencani seorang anak band yang ingin Anda bekerja untuk band-nya secara cuma-cuma.
  13. Jangan pernah menyebarkan gosip mengenai hubungan kalian, dan hindari menyimak gosip mengenai hal tersebut. Sebaiknya hindari membaca halaman Facebook, Twitter, atau website resmi band pacar Anda. Di sana mungkin akan ada banyak spekulasi dan komentar yang membuat Anda geram dan paranoid.
  14. Tidak usah ikut datang ke sesi latihan. Apakah Anda ingin pacar Anda sering datang ke kantor Anda dan mengganggu Anda yang sedang bekerja? Hal yang sama berlaku ketika dia sedang latihan. Dia ingin fokus pada pekerjaannya, dan bukan hubungan dengan pacarnya. Lagipula, dia latihan bukan untuk melakukan konser kecil di depan Anda, dan di sisi lain Anda sendiri akan bosan karena Anda akan diacuhkan. Lakukanlah hal lain yang lebih produktif selain ini.
  15. Menjauh dari politik band pacar Anda. Suka atau tidak, Anda akan sering bertemu dan berinteraksi dengan anggota band pacar Anda. Jangan terlalu dipikirkan ketika pacar Anda mengeluh tentang anggota band-nya yang lain. Hal tersebut akan sering terjadi dalam sebuah band, dan Anda sebaiknya tidak membuat musuh dari situ. Pacar Anda akan sering bertemu dengan band-nya, dan jika dia sering mengeluhkan hal yang sama, Anda akan merasa frustasi jika Anda menganggapnya terlalu serius. Selain itu, Anda juga tidak ingin anggota band pacar Anda mengatakan hal yang tidak diinginkan mengenai Anda. Jadi, ketahuilah sampai mana batasan Anda harus menjalin hubungan dengan band pacar Anda.
  16. Jangan berharap bisa dan mau ikut konser tur. Konser tur sebuah band memang selalu keren. Tetapi jika band pacar Anda belum begitu besar dan terkenal, mereka akan melakukan tur dengan menaiki mobil van kecil, tidur di rest area atau numpang di rumah teman atau penggemar, dan sebagainya. Kecuali Anda memang suka bepergian dengan gaya seperti itu bersama beberapa orang lain yang berlawanan jenis, Anda mungkin sebaiknya tidak usah ikut.
  17. Jangan terlalu menganalisis makna dari lirik lagu yang dia buat. Lirik biasanya dibuat atas dasar subjektivitas dan terkadang para musisi membiarkan penggemar dan orang lain yang memaknai sendiri lirik yang mereka buat untuk menghindari spekulasi yang tidak perlu. Nikmati lirik lagu yang dia buat, tetapi jangan terlalu menganalisa dan mengkorelasikannya dengan kehidupan pribadi Anda atau dia. Itu hanya membuang waktu dan membuat Anda stres sendiri.
  18. Jangan tenggelam dalam karir musik pacar Anda. Anda akan membuang minat dan cita-cita pribadi jika akhirnya Anda hanya menjadi salah satu pengikut atau penggemar band pacar Anda dan bukan menjadi pasangan yang setara. Anda benar-benar harus mencintainya serta berbagi minat dan pandangan tentang hidup. Jika mereka menginginkan pengagum, sebaiknya Anda tidak berhubungan mereka. Di sisi lain, jika Anda berpacaran dengan anak band dengan harapan bisa menikmati kesuksesan dan ketenaran yang dia peroleh, lupakan saja. Sebagian besar musisi umumnya hanya mencapai kesuksesan tingkat sedang.
  19. Jangan pernah membantu band pacar Anda secara finansial. Musisi atau band yang bertanggungjawab bisa dan akan melakukan pekerjaan harian untuk membayar tagihan; mereka tidak bergantung pada orang lain. Jangan pernah mau dengan musisi yang belum terbukti bertanggung jawab dalam hal keuangan.
  20. Jangan memacari anak band yang menyalahgunakan substansi (misalnya alkohol). Ini dapat menjadikan masalah yang mungkin Anda hadapi ketika berpacaran dengan anak band 10 kali lipat lebih sulit.

    Itu lah beberapa tips berpacaran dengan anak band. semloga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment